√29+ Macam Macam Benang Rajut Bersama Karakter Dan Manfaatnya

Macam macam benang rajut yg harus kamu tahu – Salah satu bidang kerajinan yang sampai kinimasih eksis bahkan terus bertambah peminatnya merupakan kesenian merajut.

Media primer dalam seni merajut merupakan benang. Benang ini dibagi sebagai setidaknya empat kategori primer dari asalnya, yaitu benang alami, sintetis, semi sintetis & benang blending.

Asal bahan tidak sama & perlakuan tidak sama tentu akan membentuk karakter, sifat dan fungsi yang tidak sama. Nah, supaya tidak galau apalagi galat dalam memilih benang buat project rajutanmu, silahkan simak artikel mengenai macam macam benang rajut bersama sifat & karakternya berikut ini.Macam Macam Benang Rajut yg Umum di Pasaran

Ada beberapa macam benang rajut yang paling umum digunakan pengerajin. Kamu bisa dengan mudah menemukannya pada toko bahan jahit atau toko kerajinan tekstil. Berikut ini daftarnya.Benang BulkyAmazon.com

Macam macam benang rajut yg pertama adalah benang bulky. Benang bulky terbuat berdasarkan serat kapas.

Karakteristik benang bulky:berbulu,tekstur halus,tebal,rona mengkilat,mempunyai ply yang nir homogen.

Kegunaan benang bulky:Syal,topi hangat,tas,yubiami atau rajutan-rajutan menggunakan loom,Cocok buat knitting dan crochet.

apabila ingin mengggunakan benang bulky buat crochet, pilih diameter yg tidak terlalu besar . Biasanya ukuran yg digunakan hakpen 5/0-10/0 tulip gold & knitting 5-10 mm.Benang AthenaAmazon.com

Benang athena terbuat dari komposisi material wool, rayon, katun & acrylic. Benang athena kurang familiar pada pasaran dibanding macam macam benang rajut lain. Benang ini dibanderol dengan harga Rp 50.000/ gulungnya.

Sifat / Karakter benang athena:lembut,kenyal,& halus.

Kegunaan benang athena:topi,syal,baju,sarung tangan,cardigan,& kaos kaki.Benang KatunIndiamart.com

Benang katun merupakan benang yg terbuat menurut serat kapas. Benang katun biasa digunakan oleh pemula yg baru belajar merajut. Untuk berkreasi menggunakan benang ini pakai hakpen tiga/4 dan jarum knitting tiga mm.

Sifat / Karakter benang katun:dingin (menyerap keringat),nyaman dipakai,ringan,padat,memiliki poly variasi rona,fleksibel,kuat,gampang didapat.

Kegunaan benang katun:Lantaran sifatnya yang ringan benang katun cocok digunakan buat menciptakan aneka macam macam sulaman.Contoh pengaplikasian benang katun adalah dalam tas, taplak, sepatu, bros rajut, sarung bantal, tempat tissue, topi, amigurumi/boneka rajut dan baju.

Macam Macam benang rajut katun dari warnanya:Benang katun satu warna.Benang katun gradasi (bura).

Macam Macam benang rajut katun menurut berasal:Katun bali halus (jasmine).Katun import.Benang Katun Big PlyTokopedia.com

Katun big ply merupakan turunan benang katun yg memiliki diameter akbar. Besarnya 2x lipat menurut katun biasa.

Sifat/ karakter benang katun big ply:Tekstur padat.Warna bervariasi.

Kegunaan benang katun big ply:crochet tas kalem,slippers/sepatu rajut,baby boots,topi,alas tempat duduk,amigurumi/boneka rajut.

Ukuran hakpen yang disarankan 6 mm, sedangkan knittingnya berukuran 4 mm.Benang Soft KatunTokopedia.com

Soft katun juga masih satu keluarga menggunakan benang katun. Benang ini lebih halus & mengkilap jika dibandingkan dengan benang katun biasa. Soft katun dijual menggunakan harga kurang lebih 11.000 rupiah per gulungnya.

Benang soft katun dapat dipakai buat pakaian karena teksturnya yg lembut seperti selimut, baju-baju bayi, cardigan, baju dan rompi.

Gunakan hakpen 4/0 & jarum knitting tiga mm buat berkreasi menggunakan benang ini.Benang RayonGohanan.com

Benang rayon adalah benang yang dibentuk dari polimer organik sebagai akibatnya disebut benang semi-sintetis. Hakpen & knitting yang disarankan merupakan berukuran tiga-4 mm dan tiga mm.

Sifat benang sama dengan kain rayon yaitu:‘jatuh’,sedikit mengkilat,sedikit lebih berat,adem ketika dipakai,lebih halus dari katun,lembut,nir mudah kusut,tidak pecah ketika dirajut.

Kegunaan benang rayon:cocok buat semua pakaian yg wearable,rompi,baju,cardigan,syal,scraf,pashmina,& perlengkapan bayi.

Harga benang rayon berkisar antara Rp 11.000 – 16.000 per rol.Benang PolyesterTokopedia.com

Macam macam benang rajut yg ke-6 adalah benang polyester. Benang rajut polyester terbuat berdasarkan 100% serat polyester.

Karakteristik benang polyester antara lain:nir menyerap keringat,kuat,kenyal,tidak gampang kusut,& tidak gampang luntur.

Kegunaan benang polyester dalam dunia rajut merupakan:buat membuat barang non-gunakan lantaran nir dapat menyerap keringat.tas,dompet,taplak,bros,sepatu,topi pantai,tatakan gelas.

Ada 2 macam benang polyester.Polyester bura atau polyester polos. polyester ini teksturnya padat, kaku & lebih kilap berdasarkan katun biasa. Begitu pula diameternya. Gunakan hakpen 4/lima bila ingin merajut dengan benang polyester.Polyester twist. Benang ini merupakan perpaduan tiga ply polyester polos. Jadi sudah pasti diameternya lebih besar . Gunakan hakpen berukuran lima/6.

Harga polyester sekitar Rp 9.000 sampai Rp 13.000 per rol.Benang NilonTokopedia.com

Serat nilon adalah serat yang terbuat berdasarkan polimer dari minyak bumi. Selain dipakai untuk benang rajut, nilon juga digunakan sebagai tali kail & senar gitar.

Sifat / karakter benang nilon:bertenaga,mengkilap,teksturnya keras atau kaku,relatif licin.

Kegunaan benang rajut nilon:cocok buat menciptakan kreasi barang yg kokoh,tas,dompet,bros,topi pantai.

Benang rajut nilon dijual dengan harga Rp 12.000, hampir sama dengan macam macam benang rajut lainnya.Benang AcrylicCChobby.com

Benang acrylic bukan benang alami. Ia terbuat menurut bahan homogen plastik.

Di Indonesia benang acrylic seringkali disebut benang wol, meskipun sebenarnya itu adalah 2 jenis benang yg sangat tidak sama.

Benang rajut acrylic terkenal pada kalangan perajut pemula karena harganya yang terjangkau dan variasi warna yang beragam.

Karakteristik benang acrylic lainnya adalah:ringan,halus,mudah menyerap rona (polos/solid, ombre/sembur, self striping, & lain-lain),dingin.Benang PandaTokopedia.com

Benang panda terbuat dari 100% katun sebagai akibatnya sangat nyaman dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Selain itu karakteristik benangnya ringan dan memiliki poly varian rona buat dikreasikan.

Benang panda yang lembut cocok buat sweater, topi, kardigan, selimut, syal, baju, dll.

Jarum yg sesuai buat benang panda adalah crochet jenis hook no 3/4 & knitting ukuran tiga,5mm.

Satu gulung benang panda dihargai Rp 19.000 di pasaran.Benang MabelRajutanmimow.wordpress.com

apabila kamu mencari jenis benang rajut yang jatuh, maka benang mabel merupakan pilihan yg baik. Selain jatuh benang mabel juga terbuat dari bahan yang lembut dan halus.

Diameter benang mabel hampir sama menggunakan benang katun ITC biasa.

Karakter benang mabel:lembut,jatuh,warnanya mengkilap.

Kegunaan benang mabel:buat hasil rajutan yang wearable lantaran sifatnya yg jatuh & halus,syal,rompi,taplak,sarung bantal,loka tissue

Jarum rajut yang sinkron merupakan hakpen tiga/4 dan knitting tiga mm.Benang Big MabelTokopedia.com

Macam macam benang rajut yg selanjutnya adalah benang big mabel. Sesuai namanya benang ini masih satu jenis dengan benang mabel. Benang mabel memiliki berukuran yg lebih besar , diameternya mencapai 2x lipat.

Selain lebih besar , karakter benang mabel lainnya misalnya:tekstur lembut,halus,jatuh,mengkilap.

Diameter benangnya yang akbar cocok untuk project yang membutuhkan ketebalan lebih, dibanding mabel biasa.

Beberapa project yang bisa dibuat berdasarkan benang big mabel adalah:tas santai,slippers,tutup galon,alas tempat duduk,sarung bantal besar ,amigurumi/boneka rajut dan lain-lain.

Gunakanlah jarum 5/0 tulip gold & knitting tiga,lima – 4 mm.

Kamu bisa menerima benang mabel menggunakan harga 14.000 rupiah, sedikit lebih mahal dari benang lainnya.Benang CurlyHobby.se

Salah satu berdasarkan macam macam benang rajut yg bisa dipakai sang pemula merupakan benang curly. Benang curly memberikan impak kerinting saat dirajut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *