KALENDER KEHAMILAN, Bagaimana Cara Pakainya

kalender kehamilan

Kalender Kehamilan Minggu demi Minggu Anda

Kehamilan adalah waktu yang menyenangkan yang dipenuhi dengan banyak tonggak dan penanda. Bayi Anda tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat. Berikut ini ikhtisar tentang apa yang dilakukan si kecil selama setiap minggu. Baca juga mengenai: PREGNANCY CALENDAR, Ingatlah bahwa tinggi, berat, dan perkembangan lainnya hanyalah rata-rata. Bayi Anda akan tumbuh dengan kecepatannya sendiri.
Minggu 1 dan 2

Meskipun Anda tidak hamil di minggu 1 dan 2, dokter menggunakan awal periode menstruasi terakhir Anda untuk menentukan tanggal kehamilan Anda.

Folikel di ovarium Anda berkembang sampai satu atau dua mendominasi dan dilepaskan selama ovulasi. Ini terjadi sekitar 14 hari setelah dimulainya periode Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-2.
Minggu 3

Pembuahan terjadi pada awal minggu ke-3 – setelah ovulasi – ketika sel telur Anda dilepaskan dan dibuahi oleh sperma ayah. Setelah pembuahan, jenis kelamin bayi, warna rambut, warna mata, dan karakteristik lainnya ditentukan oleh kromosom.
Minggu 4

Bayi Anda baru saja ditanamkan di lapisan rahim Anda dan sekarang menjadi kutub janin kecil dengan panjang sekitar 1/25 inci. Jantung mereka sudah terbentuk bersama dengan tunas lengan dan kaki, otak, dan sumsum tulang belakang.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-4.
Minggu 5

Untuk mengetahui ukuran bayi Anda, lihat ujung pena. Embrio sekarang memiliki tiga lapisan. Ektoderm akan berubah menjadi kulit dan sistem saraf mereka.

Mesoderm akan membentuk tulang, otot, dan sistem reproduksi. Endoderm akan membentuk selaput lendir, paru-paru, usus, dan banyak lagi.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-5.
Minggu 6

Pada minggu ke-6, detak jantung bayi Anda biasanya dapat dideteksi sebagai kedipan cepat pada ultrasound.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu 6.
Minggu 7

Wajah bayi Anda perlahan-lahan mendapatkan beberapa definisi minggu ini. Lengan dan kaki mereka terlihat seperti dayung, dan ukurannya sedikit lebih besar dari bagian atas penghapus pensil.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu 7.
Minggu 8

Bayi Anda sekarang telah lulus dari embrio ke janin, dan panjangnya satu inci dari ubun-ubun ke pantat, dan beratnya kurang dari 1/8 ons.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-8.
Minggu 9

Jantung bayi Anda berdetak secara teratur, jari tangan dan kaki mereka tumbuh, dan kepala serta otak mereka terus berkembang. Segera organ mereka akan bekerja sama.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu 9. apa manfaat banyak minum air putih.
Minggu 10

Laki-laki atau perempuan? Alat kelamin bayi Anda mulai berkembang minggu ini, meskipun Anda belum dapat mendeteksi jenis kelamin pada USG.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu 10.
Minggu 11

Panjang bayi Anda sekitar 2 inci dan beratnya 1/3 ons. Sebagian besar panjang dan berat ada di kepala.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-11.
Minggu 12

Bayi Anda memiliki panjang 3 inci dan berat sekitar 1 ons. Pita suara mereka mulai terbentuk, dan ginjal mereka sekarang berfungsi.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-12.
Minggu 13

Selamat datang di trimester kedua! Bayi Anda sudah mulai buang air kecil dalam cairan ketuban, dan ususnya telah berpindah dari tali pusar ke perutnya. Bagian paling berisiko dari kehamilan Anda telah berakhir, dan peluang Anda untuk keguguran telah turun menjadi hanya 1 hingga 5 persen.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu 13.
Minggu 14

Bayi Anda memiliki berat sekitar 1 1/2 ons, dan panjang mahkota hingga pantatnya sekitar 3 1/2 inci.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-14.
Minggu 15

Jika Anda melakukan USG pada minggu ke-15, Anda mungkin melihat tulang pertama bayi Anda terbentuk.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-15.
Minggu 16

Si kecil Anda memiliki panjang 4 hingga 5 inci dari kepala hingga ujung kaki dan beratnya sekitar 3 ons. Apa yang terjadi minggu ini? Mereka sudah mulai membuat gerakan mengisap dengan mulut mereka.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-16.
Minggu 17

Simpanan lemak yang akan membuat bayi Anda tetap hangat dan memberi mereka energi terakumulasi di bawah kulit. Bayi Anda memiliki berat 7 ons dan membentang 5 1/2 inci dari ubun-ubun ke pantat.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-17.
Minggu 18

Ini adalah minggu yang besar untuk indra bayi Anda. Telinga sedang berkembang, dan mereka mungkin mulai mendengar suara Anda. Mata mereka mungkin mulai mendeteksi cahaya.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-18.
Minggu 19

Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana kulit si kecil akan bertahan dalam cairan ketuban begitu lama. Minggu ini, vernix caseosa melapisi tubuh mereka. Bahan lilin ini berfungsi sebagai pelindung terhadap kerutan dan goresan.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu 19.
Minggu 20

Bicaralah dengan bayi Anda. Minggu ini mereka akan mulai mendengar Anda! Berat bayi Anda sekitar 9 ons dan telah tumbuh hingga panjang 6 inci. Sekarang Anda seharusnya sudah bisa merasakan tendangan di dalam rahim Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-20.
Minggu 21

Bayi Anda sekarang dapat menelan dan memiliki rambut halus yang disebut lanugo yang menutupi sebagian besar tubuhnya. Pada akhir minggu ini bayi Anda akan berukuran sekitar 7 1/2 inci dari ubun-ubun ke pantat dan beratnya satu pon penuh.

Pelajari lebih lanjut tentang apa yang terjadi di minggu ke-21.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *