muka berjerawat? jangan kawatir begini cara mengatasinya!

 

Jerawat

Langkah Mudah Mencegah Jerawat Muncul Kembali - PT. Galenium Pharmasia  Laboratories

Jerawat yaitu kondisi wajah yang biasa dialami oleh banyak orang pada tahap kondisi dan usia tertentu. Beberapa para remaja mengalami jerawat yang disebabkan oleh produksi minyak pada jenis kulit yang beminyak. Bintik bintik pada jerawat bisa menjadi komedo dan benjolan kecil. Ada juga diusia tua yang mengalami jerawat yang disebabkan oleh penyebab lainnya.

Terdapat beberapa faktor yang bisa memicu dan meningkatkan risiko pada seseorang mengalami jerawat, berikut beberapa faktor penyebab jerawat:

1.       Faktor hormonal bisa merangsang produksi minyak jadi lebih banyak, sehingga bisa memicu adanya jerawat. Selain perubahan hormonal tersebut, perubahan hormonal lainnya yang bisa menyebabkan adanya jerawat batu yaitu masa kehamilan, konsumsi pil KB, saat mentruasi, dan juga depresi.

2.       Efek samping penggunaan kosmetik yang tidak tepat

Penggunaan kosmetik yang kurang tepat seperti menggandung bahan-bahan kimia, dan jika dipakai terus bisa menyebabkan jerawat, selain itu sangat berbahaya bagi kulit. Bagi tipe kulit yang berminyak dan berjerawat, penggunaan kosmetik berbahan minyak juga tidak tepat, karna menyumbat akan membuat kulit anda berminyak dan membuat kulit anda berminyak dan membuat pori pori anda tersumbat, sehingga menimbulkan jerawat.

3.       Efek samping skincare tertentu yang mengandung merkuri

4.       Kebersihan kulit wajah.

Jangan menyepelekan kebersihan wajah, biasakan 2x dalam sehari untuk mebersihkan wajah, yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati, keringat, bakteri, minyak debu, dan polusi yang menempel di wajah, yang bisa menyebabkan munculnya jerawat.

5.       Sinar matahari

Terlalu lama terkena sinar matahari bisa merusak kulit, yang jua menajdi pemicu tumbuhnya jerawat batu. Oleh karena itu gunakan sunscreen saat keluar rumah untuk melindungi kulit wajah saat terkena sinar matahari.

Rumah Sakit Universitas Indonesia

 

Apa saja sih yang membuat jerawat anda menjadi parah?

·         Penggunaan kontrasepsi yang mengandung progesterone

·         Kebiasaan memencet jerawat dimuka

·         Penggunaan kosmetik yang terlalu tebal

·         Kondisi kulit yang berkeringat

·         Rambut kotor yang menempel di wajah

Beberapa pendapat yang keliru yang dianggap benar

·         Jerawat tidak ada hubungannya dengan kebersihan yang berlebihan, faktanya mencuci wajah yang terlalu sering bisa menimbulkan jerawat.

·         Depresi tidak menyebabkan jerawat

·         Mengkonsumsi air putih tidak ada hubungannya dengan munculnya jerawat

·         Tidak perlu penanganan medis untuk menyembuhkan jerawat

Beberapa hal dibawah ini yang perlu kalian kerjakan untuk mencegah dan merawat kulit berjerawat

·         Rajin mencuci kulit yang ditumbuhi jerawat minimal dua kali dalam sehari, tetapi perlu diingat jika terlalu serig mencuci wajah juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit dan juga bisa meyebabkan timbulnya jerawat.

·         Menggunakan sabun wajah dan pembersih wajah menggunakan air hangat. Air yang terlalu panas dan juga air yang dingin dapat membuat jerawat bisa lebih parah.

·         Jangan memencet dan menyentuh jerawat, karna kotoran ditangan bisa menyebabkan jerawat tidak kunjung sembuh ataupun bisa semakin parah.

·         Jangan terlalu sering menggunakan make-up dan kosmetik. Karna produk kosmetik non-comedogenic yang berbasis air dapat mengurangi menutup pori-pori.

·         Jangan lupa menghapus semua make-up sebelum tidur, lebih baik menggunakan milk cleanser atau micellawater untuk membersihkan make-up.

·         Mandi atau membersihkah diri setelah berada diluar rumah, apalagi jika kegiatan diluar rumah menghasilkan banyak keringat, kita harus rajin membersihkan diri.

·         Mencuci rambut secara teratur dan bersih, karna rambut yang kotor juga bisa menimbulkan jerawat diwajah.

·         Rutin mengganti sarung bantal dan juga seprei, minimal sekali dalam seminggu atau 3 hari sekali.

yuk kunjungi website ukm digital untuk mendapat lebih banyak lagi informasi!

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *