Cara Mendapatkan Berita Online dan Menemukan Sumber yang Tidak Bias

Kami telah mengamati peningkatan media berita online selama dekade terakhir. Banyak orang sekarang tidak yakin di mana mereka bisa mendapatkan berita mereka. Sekarang ada lebih banyak pilihan sumber berita daripada sebelumnya karena perkembangan internet. Namun, menentukan sumber mana yang dapat dipercaya dapat menjadi tantangan. Berikut adalah beberapa petunjuk untuk memilih sumber berita internet yang tidak bias.

Adalah tugas media untuk bersikap seobjektif mungkin. Sangat penting untuk menemukan sumber yang objektif. Media, di sisi lain, sering memihak dan sering kali lebih menyukai satu topik berita daripada yang lain.

Apa yang ditakuti di dunia saat ini, di mana media sosial telah menjadi alat yang kuat untuk mengekspresikan diri, adalah bagaimana ia terus memprogram perilaku pengguna. Berita, antara lain, telah menjadi salah satu kendaraan yang paling kuat untuk propaganda politik.
Berita palsu semakin populer sebagai akibat dari situasi ini. Kampanye pemilihan presiden 2019, khususnya, adalah salah satu dari beberapa kejadian dalam beberapa tahun terakhir yang dilanda ancaman ini. Berita palsu sekarang dianggap sebagai salah satu tantangan terbesar bagi demokrasi, kebebasan berbicara, dan tatanan hidup. Pemberitaan yang didasarkan pada standar objektivitas perlu dibawa kembali dari masa lalu yang berprinsip dan transparan.

Menurut Wikipedia, bias media adalah persepsi bias di antara jurnalis dan produser berita dalam pemilihan peristiwa dan cerita yang dilaporkan, serta bagaimana mereka diliput.

Media memiliki kemampuan untuk membentuk opini publik, yang pada gilirannya membentuk dan mempengaruhi kehidupan masyarakat sehari-hari. Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak perdebatan tentang keandalan media dalam melaporkan berita. Ini memerlukan deteksi bias dalam berita harian dan pengembangan platform yang memungkinkan individu mendapatkan berita yang adil dan aman.

Berita yang Dapat Anda Percayai

Memang benar bahwa sumber berita yang dapat dipercaya sulit didapat akhir-akhir ini. Kecuali untuk situs berita baru, situs berita netral sangat jarang. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh sebuah organisasi nirlaba, situs berita baru lebih cenderung netral. Situs berita baru ini berfokus pada penyediaan berita yang netral, inovatif, dan berita unik dan menarik daripada berita yang menghasut dan kasar untuk kubu tertentu.

Misalnya, pertimbangkan situs berita GenBerita, yang cukup baru. Situs berita ini berusaha bersikap adil kepada semua orang dan hanya menerbitkan cerita-cerita positif, inspiratif, orisinal, dan menghibur. Namun, ini tidak berlaku untuk situs web berita yang telah ada selama beberapa waktu. Khususnya untuk organisasi berita yang telah mendapat dukungan dari sumber tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *