Perbedaan Belanja di Lazada vs Shopee

Paylater Populer, Kredivo Tawarkan Cicilan 0% Tenor Tiga Bulan -  Fintechnesia.com | Berita keuangan dan teknologi

Kedua marketplace ini sebenarnya memiliki investor yang berasal dari negeri Tiongkok. Jadi, wajar saja jika harga barangnya pun sebelas dua belas alias banyak yang mirip-mirip. Lazada boleh dibilang bukan pemain baru sebagai salah satu platform ecommerce tepercaya, tetapi kini pamornya pun sudah mulai tergeser oleh Shopee.

Harus diakui bahwa Shopee memiliki brand image yang lebih baik dibandingkan Lazada. Bahkan Shopee juga sering menggunakan iklan-iklan dengan lagu-lagu lawas yang menghibur. Wajar jika akhirnya Shopee lebih ngena banget di benak masyarakat.

Keduanya juga menawarkan berbagai metode pembayaran dari transfer bank biasa sampai dengan paylater. Cara menggunakan Lazada Paylater pun cukup sederhana kok. Sedangkan Shopee lebih menekankan pada Shopee Paylater, produknya sendiri.

Bagi para pemula yang ingin mengetahui bagaimana perbandingan antara belanja di Lazada vs Shopee, berikut ulasannya;

  1. Komparasi Produk dan Barang

Seperti yang saya sebutkan bahwa produk dan barang di Lazada dan Shopee itu hampir mirip. Karena bisa saja sellernya sama. Apalagi kedua ecommerce ini memang memiliki investor yang sama-sama dari Tiongkok.

Namun demikian, bagi para pengguna Lazada perlu lebih teliti lagi saat membeli barang. Pasalnya beberapa kali saya membeli barang tidak sesuai dengan deskripsi yang ditampilkan. Intinya perlu lebih waspada dan teliti lagi saat belanja di Lazada.

  1. Komparasi Harga Produk dan Barang

Jika kamu memiliki produk incaran di Shopee tidak ada salahnya jika mengecek harganya di Lazada. Kadang-kadang harga di Lazada sedikit lebih murah dibandingkan dengan di Shopee. Tapi, itu tadi kamu tetap harus lebih teliti pada deskripsi barangnya ya.

  1. Komparasi Ongkos Kirim

Sudah bukan rahasia lagi jika ongkir belanja di Lazada itu flat dan bahkan lebih murah jika dibandingkan dengan Shopee sekalipun. Alasannya karena setiap penjual harus mengirimkan paket ke titik poin yang sama.

Ini dikarenakan Lazada punya jasa pengiriman sendiri yaitu LEX. Jadi, inilah salah satu kunci kenapa ongkir di Lazada lebih murah dibandingkan dengan ecommerce lainnya. Tapi, karena prosesnya yang panjang itu membuat pengiriman jadi kurang cepat dan gesit seperti kurir lainnya. Tapi, kalau kamu memang tidak perlu kirim cepat, pilih Lazada cukup worth it kok.

  1. Komparasi Metode Pembayaran

Ngomongin soal metode pembayaran kedua platform ini punya beberapa metode pembayaran. Mulai dari yang online sampai dengan yang offline. Untuk yang online misalnya seperti mobile banking atau internet banking. Sementara yang offline bisa bayar di minimarket atau kantor pos sehingga memudahkan bagi pembeli di luar daerah yang jauh dari bank.

Namun untuk paylater lebih lengkap Lazada dibandingkan dengan Shopee. Karena saat ini Shopee punya produk Paylater sendiri. Sebagai pengguna Kredivo sebenarnya agak kesulitan juga saat tidak bisa transaksi pakai Kredivo di Shopee. Tapi, sekarang tetap bisa bayar pakai Kredivo meskipun belanjanya di Shopee pakai metode transfer ke virtual bank ke akun Kredivo.

Kenapa masih setia sama Kredivo karena bunganya paling rendah dibandingkan paylater lainnya. Untuk tenor 6 dan 12 bulan tetap diberikan bunga cicilan rendah hanya 2.6% saja perbulan.

Syarat untuk mengajukan Kredivo cukup dengan menyiapkan dokumen berikut; NPWP, KTP, selfie dengan KTP, pendapatan min. Rp3 juta/bulan, & akun e-commerce dengan riwayat transaksi. Jika sudah ada akun Lazada, bisa kamu sambungkan saat melakukan pendaftaran Kredivo.

Kredivo memberikan limit pinjaman sampai dengan Rp30 juta. Cicilannya ada yang tanpa bunga sama sekali untuk pilihan tenor 3 bulan. Saya cukup bayar biaya adminnya saja 3% dari harga barang. Yang penting total harga cicilannya minimal Rp500 ribu.

Nah, itulah beberapa kelebihan yang bisa saya manfaatkan saat belanja di Lazada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *